Apa itu Spoolsv.exe??

Posted on 00.14 | By si huma internet dan jaringan | In

Apa itu Spoolsv.exe??

Beberapa minggu yg lalu,disaat gw lg ngprint bahan kuliah,tiba2 printer gw “hang”. Setelah itu ada tulisan “spoolsv.exe bla..bla..bla..”,,waduh alamat virus neh..males bgt deh ngurusinnya. Bawaannya pengen diformat ulang aja langsung kalo dah begini. Tapi mengingat banyak banget instalan software yg udah gk ada mentahannya,save”an games yg dah mo nyampe tingkat akhir,sampe plugin” photoshop yg males bgt klo sampe ke hapus….

Uuugghh,,bt,bt,bt,bt,ah..

Solusi punya solusi ya nge-search di mbah “google”..dapet lah artikel yang menjelaskan asal muasal dari virus spoolsv.exe ini..(silahkan klik disini)..
Tapi kalo males bolak-balik buka kamus buat ngartiin..yuuk mari saya bantu..(ini ditujukan buat perbendaharaan B.inggrisnya dibawah rata2,,buat yg dah tokcer silahkan klik lgsg aja dah link-nya..)

Ok,,bismillah..here goes..

Apakah Spoolsv.exe??

Suatu file yg terletak di direktori c:\windows\system32 or c:\winnt\system32 yg mempunyai deskripsi file sebagai : “Spooler SubSystem App”. File ini bertanggung jawab untuk penggunaan Print dan Fax pada komputer anda.

Apakah file ini berupa spyware, trojan, or virus??

File spoolsv.exe sebenarnya bukan spyware, trojan, ataupun virus. Namun, sama aja kayak file” lain pada komputer anda yg dapat jg bisa terjangkit oleh virus, worm, atau trojan. Kalo ada file yg kena virus,,program” antivirus bisa men-detect dan membersihkannya Berhubung file ini termasuk kedalam file-nya Microsoft Windows maka users gk bisa se-enak2nya ngapus file ini, biarkan antivirus yg menanganinnya.

Ada beberapa trojans, viruses, dan worms yg diketahui menggunakan identitas dari file ini. Namun, skali lagi ada baiknya anda menggunakan antivirus yg ter-update dgn baik, dan bersihkan ato karantina file yang terinfeksi.

Aman gk sih ngilangin spoolsv.exe dari proses Task Manager??

Yup. File ini sih bukan file yg prosesnya penting bgt, jd bisa2 aja tuh dimatiin lewat Task Manager (lumayan,,hemat memory..). Utk melakukannya buka Task Manager,,cari spoolsv.exe,,trus klik “end Process”..udah deh..gampil kan..hehehee..

Spoolsv.exe bisa ngambil 99%, 100% sampe angka2 abnormal lainnya dari PC loe.

Ini terjadi saat masih adanya proses nge-print yg masih berjalan di Windows spool. Untuk nge-remove secara manual, ikutin langkah2 dibawah..yuuu marii..

  1. Klik Start, Settings,Control Panel.
  2. Di Control Panel, klik 2x Administrative Tools trus Services.
  3. Cari Print Spooler trus klik-kanan dan pilih Stop.
  4. Setelah proses ini berhenti,biarkan window-nya terbuka dan buka My Computer trus browse folder berikut..c:\windows\system32\spool\PRINTERSatauc:\winnt\system32\spool\PRINTERS
  5. Di folder ini, delete semua file yg ada di PRINTERS folder. Setelah selesai di-delete baru deh klik-kanan lg Print Spooler yg ada di Services window (masih inget kan di step ke-4 waktu saya minta utk tetap ngebiarin window-nya kebuka..),, klik Start utk mengaktifkan kembali service-nya.

Kalo blon kelar juga masalah loe brarti loe pnya masalah di driver printernya. Mungkin ada trojan, virus, atau worm yg meng-infeksi komputernya. Pastikan anda punya driver printer terbaru utk printer anda. Sebagai tambahan, pastikan anda punya antivirus yg slalu ter-update agar dapat melindungi komputer anda.

..oke,,emang gk smua gw terjemahin..(cape,,gila..!!)..cuma gw ngambil yg terpenting dari yg paling penting..

smoga bisa membantu kalian smua yaa..


sumber : http://deathsaga.wordpress.com/2009/04/08/apa-itu-spoolsvexe/

Comments (0)

Posting Komentar