Mengganti Huruf Drive Letter Partisi Harddisk

Posted on 16.52 | By si huma internet dan jaringan | In


Yang dimaksud Mengganti Huruf Drive Letter Partisi Harddisk adalah mengubah urutan dari partisi yang ditandai dengan huruf, karena ini sering terjadi saat menginstall Windows Vista ulang atau melakukan recovery, setelah selesai, urutan partisi hardisk berubah tidak seperti sebelum dilakukan install ulang, kadangkala drive DVD-RW atau CD-RW tidak berada di akhir urutan.

Meskipun hal ini tidak berpengaruh pada kinerja komputer atau laptop, namun sering membuat bingung atau seritaknya kurang nyaman, serasa ada yang cacat. Kejadian ini sebenarnya disebabkan ada partisi hardisk yang belum di format saat menginstall windows, sampai selesai installasi.

Solusi untuk mengubahnya ada beberapa pilihan. Jika menggunakan aplikasi pihak ketika mungkin bisa menggunakan Partition Manager dan sejenisnya, namun kalau tanpa tools tambahan bisa, kenapa mesti menggunakan? karena sebenarnya Windows (XP maupun Vista) sudah memiliki fasilitas mengubah drive letter ini, termasuk melakukan format partisi yang tidak terdeteksi oleh Windows Explorer.

Caranya sebagai berikut:

1. Buka Control Panel
2. Pilih Administrative Tools
3. Pilih Computer Management
4. Di bagian storage, pilih Disk Management
5. Akan ditampilkan formasi partisi hardisk kita. Termasuk partisi yang belum diformat
6. Untuk mengubah Drive Letter, klik kanan partisi yang diinginkan atau CD-ROM dan pilih menu Change Drive Letter and paths
7. Di Window yang tampil pilih change, dan ganti nama drive yang tersedia

Ada trik khusus untuk memutar huruf partisi drive

Untuk mengubah drive letter-nya yaitu menukar, maka tidak bisa langsung diganti, karena kalau drive letter sudah dipakai partisi lain kita tidak bisa mengubahnya langsung. Misalnya kita ingin mengganti drive D: menjadi E: (misal ada 3 partisi C:, D:, E:), maka sebelum mengganti D: menjadi E: kita harus ubah dulu E: ke nama lain, misalnya X:, baru kita ubah D: ke E:, setelah itu baru X: kita ubah ke E:. Intinya tukar nama yang dilakukan harus melewati proses ganti nama salah satu drive yang akan ditukar namanya (drive letter-nya) menjadi huruf yang lain yang tidak dipakai, dan ini hanya untuk sementara dalam proses Mengganti Huruf Drive Letter Partisi Harddisk.

Cara ini juga berguna saat kita memasang USB flash disk, kemudian memasang kamera. Kadangkala kamera kita tidak terdeteksi di Windows Explorer. Ini bisa disebabkan drive letter-nya dipakai oleh Flashdisk. Ada kamera yang tidak bisa ditampilkan ketika sudah ada Flash disk atau USB port sedang dipakai alat lain). Cara mengatasi hal ini, ubah saja drive letter USB tersebut ke huruf lain, kemudian kembali masukkan kabel kamera ke port USB. Beres dah...

Sederhana bukan caranya? tidak perlu mencari driver device hardware segala. Semoga bermanfaat.
; http://www.warungbebas.com/2010/08/cara-mengganti-huruf-drive-letter.html
sumber

Comments (0)

Posting Komentar