Windows live USB

Posted on 18.08 | By si huma internet dan jaringan | In

MEMBUAT WINDOWS USB FLASH DRIVE LIVE
(windows UFD live)

Biasanya OS, misalnya Windows atau Linux diinstal langsung ke hardisk, tetapi ada juga yang tidak diinstal ke hardisk tetapi dijalankan lewat CD yang dikenal dengan CD Live. Sekarang untuk linux banyak yang dapat dijalankan lewat cd ini tanpa perlu menginstal ke hardisk. Untuk Windows, live cd dapat dibuat dengan bantuan software tertentu yaitu BartPe.
Ketika USB Flash Drive mulai banyak dipakai dengan kapasitas yang lebih di atas satu gb, maka medium inipun sekarang diapkai untuk menjalankan OS secara live tanpa instalasi ke hardisk, tentunya membutuhkan perangkat computer yang dapat melakukan booting dari USB.
Ini berbeda dengan memboot dari USB untuk melakukan instalasi OS selain lewat CD rom, memang bisa juga melakukan instalasi OS tidak lewat cd rom tetapi lewat USB flash drive. Tetapi tutorial ini membuat OS yang dapat dijalankan dari USB tanpa instalasi ke computer.

Bahan-Bahan yang dibutuhkan.
Untuk membuat windows live dari USB flash drive bayak tutorial yang ada di internet, tetapi berikut ini hasil uji coba saya berdasar beberapa tutorial yang ada di internet tetapi ternyata tidak persis sama dengan yang disajikan, ketika dipraktekkan ada beberapa hal yang memang membutuhkan modifikasi dari kita. Berikut ini pengalaman saya membuat windows live dari USB Flash Drive. Yang dibutuhkan.
1. CD windows XP SP 2 (orisinal lebih baik, saya coba pakai SP 3 tetapi tidak berhasil)
2. Software PeBuilder (saya pakai versi 3.1.10a dan sudah dalam bentuk .exe)download disini.
3. Software PeToUSB (saya pakai versi _3.0.0.7 , dalam bentuk .zip, tidak perlu diinstal langsung bisa dijalankan)download disini.
4. Komputer yang dapat melakukan booting dari USB

Cara membuat:
1. Masukkan CD windows Sp2 ke drive cd rom
2. Jalankan PeBuilder (setelah diinstal terlebih dahulu) . ketika muncul dialog windownya. Di Source: path to windows installation file, klik kotak kecil disebelah kanan untuk membrowsing letak cd rom tempat cd windows sp2 tadi. Biarkan costum: (include file and folder from this directory) tetap kosong, sedangkan pada isian di bawah Output: (c:\pebuilder3110a\\bartpe) tetap terisi defaultnya BartPE. Pada Media output klik tombol none. Terakhir klik Build. Tunggu hingga proses menyalin selesai (kira-kira 30 menit)
3. Tancapkan USB flash drive (saya pakai 4 gb, 1 gb sudah cukup)
4. Terakhir jalankan software PeToUSB.exe. Ketika muncul kotak dialog, di bawah : Destination Drive klik tombol klik/pilih tombol USB Removable . di bawahnya ada kotak dialog letak USB Flash drive, akan terdeteksi secara otomatis USB flash drive yang ditancapkan ke computer. Di bawah Format Option: klik tombol Enable Disk Format. Pada Source Path To Build BartPe/WinPe Files, isi kotak dibawahnya dengan letak file Windows yang dibuat memakai PeBuilder dengan mengklik kotak kecil di sebelah kanan untuk membrowsenya yaitu di C:\pebuilder3110a\BartPE. Dibawah File Copy Options, klik Enable File Copy. Kemudian klik Start tunggu hingga proses menyalin ke USB Flash Drive selesai. Kira-kira 30 menit.
5. Keluarkan USB Flash Drive Reboot computer dan boot dengan USB Flash drive tadi, Kalau EEE pc dengan menekan tombol Esc ketika proses booting kemudian akan muncul dialog pilihan booting, apakah dari “harsidk”, USB atau Memory card.

Saya membuatnya memakai laptop Toshiba satelit 501 dan hasilnya saya coba di laptop eee pc dan ternyata dapat dijalankan dengan baik lewat USB tadi.


sumber:http://zulfa4wliya.wordpress.com/2009/01/10/windows-live-usb/

Comments (0)

Posting Komentar